Rabu, 30 Maret 2011

Tentang Penyusun

Kenapa Penyusun??? Karena saya merasa tidak menulis apa yang saya akan ungkapkan dalam blog ini. Saya hanya menyusun dari beberapa acuan buku, yang kemudian coba untuk menerangkan sesederhana mungkin mengenai Ilmu Statistika.

Saya bukanlah ahli, tapi bukan berarti tidak tahu juga mengenai Ilmu Statistika. Mungkin saya tak tahu darimana asal rumus rata-rata, standar deviasi, dan lain-lain (dulu pernah diajarkan oleh dosen saya dalam mata kuliah Teori Statistika dari mana saja rumus-rumus tersebut berasal, hanya saja mungkin saya yang kurang dalam menangkap apa yang dosen ajarkan), tetapi dalam penggunaan sudah bisa dipastikan bisa.

Setiap orang sebenarnya sudah mengenal statistik dari semenjak SMP, mungkin kita kenal istilah rata-rata. Dulupun saya berpikir itu adalah bagian dari Matematika, namun ternyata Statistika.

Statistik selama ini mungkin menjadi suatu hal yang ditakuti oleh sebagian peneliti, tapi dewasa ini, mau tak mau peneliti (baik Skripsi, Tesis, Disertasi, atau penelitian lain) selalu menyertakan Analisis Statistika dalam bahasan hasil penelitian mereka. Tentu fungsi analisis statistik ini sebagai pendukung atas apa yang peneliti kemukakan dalam penelitian. Sebagai ilustrasi, ketika kita berbicara kepada teman pernah berkunjung ke suatu tempat, akan lebih dapat dipercaya apabila ada bukti (dalam hal ini bisa bentuk foto, video atau lainnya) dibandingkan kita hanya berbicara saja.

Jadi ... Dalam blog ini penyusun harap bisa menjelaskan sesederhana mungkin, dengan bahasa, dan ilustrasi yang dapat dimengerti oleh orang yang bukan berbasis ilmu Statistika.

Akhir kata semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar